Foto bisnis.com
Berempat.com

Sebelum masuk ke ruang pemeriksaan sebagai saksi untuk tersangka hoax dan keonaran Ratna, Ketua Dewan Kehormatan (Wanhor) PAN Amien Rais minta agar Kapolri Jenderal Tito Karnavian dipecat.

Amien menyakini stok kepemimpinan Polri yang jujur mengabdi ke bangsa dan negara banyak. Kita cinta polisi. “Anda semua ingin tahu. Saya minta Pak Jokowi agar Pak Kapolri Tito Karnavian dicopot,” ujar Amien di Mapolda Metro Jaya.

Menanggapi permintaan Amien agar Jokowi mencopot Kapolri, Jokowi enggan bicara lebih jauh. Jokowi menegaskan tidak mau ikut campur masalah hukum itu. “Kan baru dugaan. Saya nggak mau intervensi, nggak mau ikut campur wilayah hukum,” kata Jokowi.

Seperti diketahui, Kasus ini awalnya diungkap Indonesialeaks. Jaringan media investigasi itu mengulas sebuah buku bersampul merah yang diduga berisi catatan aliran dana pengusaha Basuki Hariman kepada sejumlah pejabat negara.

Indonesialeaks menuliskan dua penyidik KPK asal Polri, Ronald Rolandy dan Harun mengoyakkan beberapa lembar dari buku itu karena terdapat nama petinggi Polri. Ronald dan Harun telah dipulangkan ke Polri tahun lalu meski tak disebut karena perusakan barang bukti. Ronald setelah dipulangkan ke Polri diangkat menjadi Kapolres Cirebon.

Seluruh tulisan dan tudingan Indonesialeaks tersebut telah dibantah Mabes Polri.

Presiden mengaku telah menjali pertemuan tertutup dengan Tito kemarin di Istana Bogor. Namun ia tak menjelaskan pertemuan guna mengonfirmasi dugaan aliran dana ke lulusan terbaik akpol 1987 ini.

Berempat.com