Berempat.com

Beberapa saat setelah tragedi penembakan di dua masjid di Selandia Baru, pada Jumat (15/3), Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menyampaikan ucapan belasungkawa untuk keluarga korban dengan bahasa Inggris yang fasih.

Tak hanya itu, Anies juga menekankan Selandia Baru agar pelaku penembakan segera dihukum.

“Atas nama warga Jakarta, kami turut berbelasungkawa bagi keluarga yang ditinggalkan dan juga kepada komunitas Muslim di Selandia Baru,” ujar Anies dalam video yang diunggah di akun Instagram resminya.

Ia mengatakan, aksi teror ketika umat Islam bersiap menunaikan shalat Jumat di Masjid Al Noor dan Masjid Linwoo itu tindakan keji. Menurutnya, insiden di kota Christchurch, Selandia Baru sangat mengejutkan dan menyedihkan bagi masyarakat.

Anies menyebut, Jakarta bersama dalam solidaritas dengan warga Christchurch. Ia melanjutkan, warga di kota itu terkenal karena kedamaian, keterbukaan, dan keramahan terhadap semua orang dari berbagai golongan.

“Kami percaya pemerintah Selandia Baru sedang menangani tragedi ini dengan serius dan keadilan pasti akan ditegakkan,” ucap Anies.

Video ucapan belasungkawa dengan tata bahasa dan pengucapan sempurna tersebut telah dibagikan ribuan kali ke beberapa flatform medsos.

Lucunya, banyak netizen dari luar negeri, terutama Selandia Baru dan Australia yang menyangka Anies Baswedan adalah Presiden RI.

“Thank you Mr President,” tulis Andrew, netizen asal Australia.

“Support from the people of Indonesia means a lot to us, thanks Mr President,” sambung John warga Selandia Baru.

“Sorry to interrupt, but he is not the president. He is the governor of Indonesia,” sanggah warganet asal Indonesia dengan emoticon tertawa.

Berempat.com