Berempat.com

Berkabar.id –Bitcoin kini sedang ramai diperbincangkan, karena mata uang berjenis Cryptocurrency ini memiliki harga yang sangat fantastis. Di Indonesia, ternyata sudah ada marketplace khusus jual beli cryptocurrency,yakni Bitcoin.co.id.

Bitcoin sendiri di Indonesia memang belum terlalu dikenal luas. Untuk itu, Bitcoin.co.id sedang gencar memberikan edukasi mengenai Bitcoin dan cryptocurrency lain. Salah satu caranya, mereka membuka stand di event BRI Indocomtech 2017.

“Kami disini ingin mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai cryptocurrency, terutama Bitcoin,” ujar Bitcoin.co.id Consultant Nidya Rahmanita, saat ditemui oleh tim Berkabar.id di booth Bitcoin.co.id, Kamis (2/11/2017).

Selain melakukan edukasi, Nidya juga menjelaskan bahwa di sini para pengunjung pun bisa melakukan pendaftaran di marketplacemereka. Akan tetapi, ada persyaratan khusus bagi pengguna yang ingin melakukan jual beli cryptocurrency di Bitcoin.co.id.

“Calon pengguna hanya harus mengisi data secara lengkap, termasuk memasukkan nomor KTP atau Paspor dan juga menyertakan foto diri saat melakukan pendaftaran,” jelasnya.

Pengguna harus melengkapi semua data secara lengkap, karena sesuai dengan regulasi yang sudah diberlakukan oleh pemerintah Indonesia. “Selain itu, kami juga dapat mengawasi adanya tindakan money laundry yang dilakukan melalui Bitcoin,” lanjut Nidya.

Saat ditanyakan mengenai legalitas Bitcoin di Indonesia, Nidya mengaku bahwa sebenarnya timnya masih menunggu kepastian regulasi yang akan diberikan pemerintah. Akan tetapi, dia memastikan semua proses yang dijalankan ini sepenuhnya legal.

“Yang tidak diperbolehkan adalah melakukan transaksi menggunakan mata uang cryptocurrency. Di sini kan kita cuma melakukan jual beli mata uang, yang cuma dipergunakan sebagai spekulan saja,” paparnya.

Untuk nilai jual belinya, tidak dibatasi pembelian minimal dan maksimal harian, karena peraturan jual beli Bitcoin internasional adalah dapat dijual hingga delapan desimal. Jadi, pengguna dapat membeli dimulai dari Rp 50 ribu. Saat ini harga 1 Bitcoin setara dengan Rp 93 juta.

Berempat.com