eea.europa.eu
Berempat.com

Berkabar.id – Baterai merupakan bagian terpenting dalam kendaraan listrik. Dan Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki pernanan penting dalam hal bahan dasar baterai tersebut.

Hal tersebut dikatakan Ketua Umum Ikatan Ahli Teknik Otomotif (IATO) Indonesia, Ing Gunadi Sindhuwinata, sebab Indonesia punya bahan dsar baterai tersebut.

“Kita punya peranan cukup besar karena kita punya materialnya. Artinya negara kita ini kaya juga material jarang, itu harganya juga mahal,” ungkapnya kepada wartawan, di JCC Senayan, Jakarta, kemarin.

Selain itu, ada beberapa cara dalam mengembangkan baterai tersebut yang berbeda-beda.

“Ada yang bertahan di liquid, ada yang di konvensional, ada yang di bahan baku baru termasuk saya dengar tapi saya belum membaca secara intensif, bahwa ada karbon yang dimanfaatkan untuk baterai, tujuan sama memperingan, memperbesar kapasitas, memperpanjang usia baterai, nah ini kira-kira yang bergerak di situ,” tutur Gunadi.

Menurutnya hal tersebut tak boleh lepas dari perhatian para pihak terkait dalam pengembangan teknologi motor listrik.

“Nah ini sangat penting ini tidak boleh lepas dari kementerian-kementerian, maupun institusi yang memang punya tanggung jawab ke sana, tadi dari produksi sampai ke lingkungan hidup tenaga kerja dan sebagainya,” pungkas Gunadi.

Berempat.com