Mark Zuckerberg ,Oculus GO (Istimewa)
Mark Zuckerberg ,Oculus GO (Istimewa)

Berkabar.ID – Pada ajang CES 2018, VP VR Facebook, Hugo Barra, mengumumkan bahwa Facebook akan bekerja sama dengan vendor ponsel asal Beijing, Xiaomi untuk mengembangkan Virtual Reality (VR) headset terbaru dari Facebook, yang diberi nama Oculus Go.

Hugo Barra tampil di konferensi pers Qualcomm untuk berbagi beberapa berita tentang Oculus Go. Sedikit informasi, Hugo Barra ini mantan petinggi perusahaan Xiaomi, dan ia baru masuk ke Facebook satu tahun lalu.

Facebook VP of VR Hugo Barra, Qualcomm Incorporated President Cristiano Amon, and Xiaomi VP Thomas Tang. (Qualcomm)
Facebook VP of VR Hugo Barra, Qualcomm Incorporated President Cristiano Amon, and Xiaomi VP Thomas Tang. (Qualcomm)

Dikutip dari The Verge, Barra juga mengungkapkan bahwa mantan majikannya, Xiaomi, sebenarnya adalah rekan perangkat keras Oculus untuk headset Go. Xiaomi juga membuat varian khusus China bernama Mi VR Standalone.

“Xiaomi merupakan rekan hardware kami untuk peluncuran Oculus Go secara global,” tutur Barra yang baru bergabung Facebook setahun lalu.

Cukup disayangkan, tak ada informasi secara jelas mengenai pengrilisan dan spesifikasi dari Oculus GO ini. Namun, dalam keterangan dari blog resmi Oculus, baik Oculus Go dan Mi VR Standalone memiliki spesifikasi dan desain yang hampir mirip. Keduanya, juga mendukung Oculus Mobile SDK, yang memungkinkan pengembang Oculus merilis kontennya untuk platform Mi VR di Tiongkok. Oculus Go Nantinya Akan Ada di Mi VR Store

Tak hanya itu, nantinya Xiaomi membantu mengembangkan Oculus Go ini untuk melokalisasi sejumlah konten dari Oculus Store dan memboyongnya ke Mi VR Store.

Langkah kerja sama ini diambil, sebab peraturan di Tiongkok mewajibkan perusahaan asing bekerja sama dengan perusahaan Tiongkok untuk memasarkan produknya di negara tersebut.

Tujuan Mark Zuckerberg Mengembangkan Headset Virtual Reality

Mark Zuckerberg VR Oculus Go
Mark Zuckerberg VR Oculus Go

Pendiri sekaligus CEO Facebook Mark Zuckerberg membawa kejutan di konferensi Oculus Connect 4, Mark mengumumkan kehadiran headset virtual reality (VR) Oculus yang dibandrol dengan harga terjangkau dari produk mereka sebelumnya.

Dalam sambutannya, Mark Zuckerberg mengatakan Oculus berniatan ingin banyak orang menggunakan produk VR. Untuk mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan perangkat yang bisa dijangkau oleh siapapun.

“Jika kita ini mendapatkan miliaran orang menggunakan VR. Kita harus membuat yang terjangkau dan berkualitas. Kita menemukan tempat yang pas di tengah-tengah. Memberikan pengalaman berkualitas yang tidak mengharuskan siapapun terkoneksi ke PC,” ujar Mark, Kamis (12/10/2017).

Dari keinginannya itu maka dihadirilah produk Oculus Go ini. Posisinya ada di antara Oculus Rift dan Gear VR. Untuk harga, tahun lalu ia mengumumkan perangkat ini dibanderol USD 199 atau sekitar Rp 2,7 juta. Oculus Rift sendiri dilepas seharga USD 499 sedangkan untuk Gear VR di bandrol seharga USD 129.

“Oculus Go akan tersedia awal tahun depan,” ungkap Zuckerberg.

Sekedar informasi yang belum orang banyak ketahui, Oculus adalah anak perusahaan Facebook dari hasil akuisisi.

Bocoran Oculus Go Tahun Lalu

Hugo Barra
Hugo Barra

Di panggung yang sama, Hugo Barra, Facebook VP of VR, memaparkan lebih detail soal Oculus Go. Perangkat ini sangat ringan dan diklaim begitu nyaman saat digunakan.

Oculus Go punya bidang pandang yang sama luasnya dengan Rift, yakni 2.560 x 1440. Dilengkapi pula dengan pengendali kecil yang mirip kepunyaan Gear VR.

Oculus menyematkan audio spatial ke dalam headset. Alhasil pengguna tidak memerlukan lagi headphone untuk mendengarkan suara dari konten yang dimainkan.