Gerai Apple di Zurich (Istimewa)

Berkabar.ID – Pihak Apple terpaksa mengevakuasi pengunjung gerainya di Zurich, Swiss karena masalah baterai pada iPhone 6s yang overheat dan mengeluarkan asap. Kejadian ini pun menimbulkan korban luka, yakni teknisi Apple yang mengalami luka bakar.

Dilansir dari Reuters, Selasa (09/01), sebuah baterai iPhone yang terlalu panas telah melukai seorang tukang reparasi di sebuah toko Apple di Zurich, sehingga akhirnya petugas harus mengevakuasi sekitar 50 orang dari toko pada hari Senin (08/01) lalu.

“Baterai iPhone yang sedang diperbaiki tiba-tiba mengeluarkan asap dan mengepul cukup besar di gerai Apple,” kata pernyataan dari polisi Zurich.

Asap yang semakin besar mendorong 50 orang di toko harus meninggalkan tempat untuk sementara waktu. Beruntungnya, seorang pegawai Apple segera melakukan tindakan cepat dan tepat dengan menabur pasir kuarsa di atas baterai yang terlalu panas. Asap pun bisa aman dan tersedot setelah ventilasi dibuka.

Polisi juga menjelaskan bahwa insiden itu dimulai ketika teknisi Apple membuka baterai iPhone yang terlalu panas (overheat) dan membuat tangannya sedikit terbakar.

Akibat masalah baterai tersebut, 7 orang harus ditangani meski tidak perlu dirawat di rumah sakit. Masalah tersebut sedang diselidiki lebih lanjut oleh para Ahli forensik. Sementara itu, pihak Apple sendiri belum mengeluarkan komentarnya mengenai masalah ini.

Kasus Serupa di Spanyol

Gerai Appel di Spanyol
Gerai Apple di Spanyol

Setelah kejadian kasus di Toko Apple Swiss, sebuah laporan baru tentang ledakan baterai iPhone telah muncul di hari Rabu (10/01). Insiden ini terjadi di Apple Calle Colón Store di Valencia, Spanyol. Sebuah baterai iPhone meledak pada pukul 13.30 waktu setempat saat sedang dikerjakan.

Dilansir dari 9to5mac, Rabu (10/01), beruntungnya pegawai toko tersebut dengan cepat membuka jendela. Para pekerja juga melemparkan sesuatu ke baterai yang sedang terbakar itu dan dengan cepat melarikan diri.

Laporan tersebut tidak secara khusus menyebutkan model iPhone apa yang terlibat. Beruntung tidak ada luka dengan kejadian terbaru ini.

Menyadari dua peristiwa ini, mungkin saja ini hanya kebetulan. Tapi bila melihat beberapa peristiwa mengerikan seperti ini sepertinya Anda pun harus berhati-hati. Jika Anda memiliki baterai yang membengkak di iPhone Anda, jangan coba-coba menggantinya. Segera bawa iPhone Anda ke ke Toko Apple terdekat di daerah Anda.

Appel Harus Siap Mendapati Kritikan

CEO Appel. Timothy Donald Cook (Istimewa)
CEO Appel. Timothy Donald Cook (Istimewa)

Perusahaan Cupertino itu mengakui telah memperlambat kinerja ponsel dengan baterai yang sudah menua agar perangkat bisa digunakan lebih lama. Karena masalah tersebut Apple terus mendapati sebuah kritikan dan tuntutan dari sejumlah konsumen.

Beberapa pengguna iPhone mengeluhkan kinerja ponselnya melambat. Namun pengguna iPhone tidak mengetahui bahwa penyebab lambatnya ponsel mereka adalah karena baterai sehingga selama ini mereka memilih membeli iPhone baru.

Sebagai permintaan maaf, Apple mengumumkan bahwa pemilik iPhone di luar garansi akan dijamin diskon penggantian baterai. Tetapi hal itu dinilai masih belum memenuhi permintaan konsumen yang ingin Apple memberikan pergantian baterai secara cuma-cuma.