4.000 Smartphone Galaxy Note 8 Dibagikan Secara Gratis di Ajang Olimpiade PyeongChang 2018 - (Samsung)

Berkabar.ID – Sebagaimana diketahui, Penyelenggara Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018 yang digelar di Korea Selatan (Korsel) telah berjanji akan memberikan masing-masing atlet peserta satu unit Samsung Galaxy Note 8 edisi Olimpiade secara gratis.

Namun, rupanya tak semua perwakilan dari negara di olimpiade tersebut mendapatkan janji penyelenggara. Atlet asal dari Korea Utara dan Iran dikabarkan tidak menerima smartphone tersebut. Alasannya karena negara itu sedang mendapatkan sanksi dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Para atlet dari kedua negara tersebut diketahui hanya boleh memakai Galaxy Note 8 itu selama mereka berada di Pyeongchang saja.

Hal itu diketahui setelah Mahmoud Abdollahi selaku juru bicara Iranian Olympic Committee mengatakan bahwa atlet mereka tidak menerima smartphone yang dijanjikan saat tiba di Korea Selatan (Korsel).

Melansir dari Businessinsider, Jumat (9/2), atas hal tersebut Iran pun memanggil duta besar Korea Selatan pada hari Kamis (8/2) waktu setempat guna memberitahu bahwa mereka tidak menerima smartphone gratis Galaxy Note 8. Mereka pun menuding keputusan tersebut sebagai “tindakan tidak etis”.

Tidak hanya itu, Menteri Luar Negeri Iran, Bahram Qasemi mengatakan bila Samsung tidak meminta maaf atas tindakan yang “tidak bijaksana”, maka hal itu dapat memengaruhi hubungan dagang antara Qatar dengan perusahaan tersebut.

Berempat.com

Senada dengan Bahram, Ketua Komite Olimpiade Nasional Iran Reza Salehi Amiri pun mengaku tak akan tinggal diam.

“Kami tidak akan berdiam diri dalam menghadapi kebanggaan, identitas, dan martabat nasional kami,” tegas Amiri.

Menurut Abdollahi, setelah memanggil duta besar Korea Selatan, keempat atlet yang mengikuti pertandingan Olimpiade pun boleh membawa pulang unit Galaxy Note 8 seperti atlet lainnya.

“Masalahnya, atlet Iran tidak mendapat perlakuan sama, dan ini bertentangan dengan semangat Olimpiade,” katanya.

Setelah eskalasi situasi, Komite Olimpiade Internasional mengatakan akan memberikan smartphone kepada semua atlet, termasuk yang berasal dari Iran dan Korea Utara.

“Mengenai Iran, kami dapat memastikan bahwa semua peserta akan dapat memiliki smartphone,” kata juru bicara Olimpiade. “Mengenai Korea Utara, semua peserta mengharuskan untuk tidak membawa smartphone kembali ke negara asal mereka,” sambungnya.

4.000 Unit Samsung Galaxy Note 8 Spesial Dibagikan Gratis 

PyeongChang 2018 Olympic Games Limited Edition (Engadget)
PyeongChang 2018 Olympic Games Limited Edition (Engadget)

Sebelumnya, dikabarkan bahwa vendor ponsel ternama asal Korsel, Samsung berniat menghadirkan sekitar 4.000 unit ponsel seri Galaxy Note 8 Special. Sebanyak 4.000 unit Galaxy Note 8 yang dihadirkan ini bukan untuk dijual namun dibagikan secara gratis kepada seluruh atlet, panitia, dan penyelenggara Olimpiade Paralimpik. Paralimpik sendiri merupakan olimpiade khusus untuk para penyandang cacat fisik yang biasanya akan diselenggarakan sehabis Olimpiade utama beralangsung.

Menurut laporan, ponsel Galaxy Note 8 yang akan dibagikan ini sedikit berbeda dengan seri yang biasa. Galaxy Note 8 yang akan dibagikan ini segaja dibuat dengan mengusung tema perhelatan yang bakal diselenggarakan pada 9-25 Februari 2018 mendatang ini. Dari namanya pun bukan Galaxy Note 8 saja, ponsel spesial ini akan diberi tambahan nama menjadi Galaxy Note 8 PyeongChang 2018 Olympic Games Limited Edition.

Berbeda dengan smartphone Galaxy Note 8 seri biasa yang dibuat dengan casing polos, Galaxy Note 8 edisi Olimpiade ini memiliki casing punggung berwarna putih dengan aksen emas. Hiasan lima cincin Olimpiade juga dicap di punggung smartphone tersebut.

Selain itu, Galaxy Note 8 edisi Olimpiade dan Paralimpik juga dilengkapi dengan wallpaper bertema Olimpiade PyeongChang 2018. Tidak hanya itu, ponsel seri ini juga dikabarkan bakal membenamkan sejumlah aplikasi tertentu yang memang dibuat khusus untuk penggunanya.

Meskipun berbeda dari tampilan fisiknya, untuk spesifikasi hardware Galaxy Note 8 PyeongChang ini sama persis dengan versi regulernya atau versi biasa.