Ilustrasi Layanan 4,5G XL (MyXLForum)
Ilustrasi Layanan 4,5G XL (MyXLForum)
Berempat.com

Berkabar.ID – Kestabilan akses layanan internet dan data yang berkualitas baik, stabil, dan cepat tentu menjadi idaman bagi para pengguna layanan data. Oleh karena itu, salah satu operator seluler, XL Axiata bakal semakin fokus menggarap jaringan 4,5G pada tahun sekarang. Hal tersebut disampaikan oleh Yessie D. Yosetya selaku Chief Technology Officer (CTO) XL Axiata.

Yessie pun mengungkapkan berdasarkan data, total populasi Indonesia saat ini ada di angka 265 juta, dengan asumsi 50% di antaranya pengguna internet dan 106 juta merupakan pengguna aktif media sosial.

“Oleh karena itu, ini menjadi sebuah tantangan bagi operator kami untuk membangun jaringan yang bisa memfasilitasi pengguna dengan koneksi yang stabil dan cepat,” kata Yessie dalam konferensi pers XL Axiata di Jakarta, Selasa (13/2).

Yessie pun mengungkapkan, di tahun ini XL bakal memastikan akan memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus mencari konten-konten baru, serta membutuhkan data yang cepat dan stabil.

“Jaringan perlu disiapkan untuk memenuhi demand, salah satunya menggunakan teknologi yang lebih bagus, misalnya 4,5G,” ujar Yessie.

Yessie mengatakan, untuk ke depannya jaringan 4,5G ini bakal ditingkatkan lagi dengan teknologi 4T4R 4×4 MIMO, 256QAM, dan carrier aggregation, penambahan BTS dan virtualisasi network, serta peningkatakan multilayar mobile backhaul.

Jaringan 4,5G XL akan Hadir di Kota-Kota Besar

BTS XL (Koran Perdjoeangan)
BTS XL (Koran Perdjoeangan)

Jaringan 4,5G ini bakal dikembangkan oleh operator XL dan akan dihadirkan terlebih dahulu di kota-kota besar yang menunjang berkebutuhan data tinggi. Kota-kota besar yang bakal dihadiri laringan 4,5G ini antara lain Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, sampai Bali.

“Kita harus ada di kota-kota besar. Masyarakat yang ingin mencoba kecepatan dan kestabilan layanan XL 4,5G ini bisa mencoba ke 20 XL Center yang sudah dilengkapi dengan teknologi 4,5G,” tutur Yossie.

Sebelumnya, diketahui XL akan membangun 10.000 hingga 12.000 BTS pada tahun ini. Dari jumlah tersebut sekitar 25% merupakan BTS berteknologi MIMO.

Sementara itu, pada tahun lalu jaringan 4G LTE XL Axiata telah menjangkau 360 kota atau kabupaten di seluruh wilayah Indonesia. Jaringan 4G LTE XL ini ditopang lebih dari 17.000 BTS 4G dan hampir 46.000 BTS 3G.

Berempat.com