Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus. (Grid.id)

Berkabar.ID – Pabrikan asal Korea Selatan, Samsung akhirnya meluncurkan secara resmi dua series Galaxy terbarunya, yakni S9 dan S9 Plus di Barcelona, Minggu (25/2). Berbagai pembaruan pun diusung Samsung pada duo Galaxy teranyarnya, mulai dari fitur, spesifikasi, hingga desain.

Galaxy S9 dan S9 Plus ini diketahui memiliki layar AMOLED 5,8 inci dan 6,2 inci. Perubahan letak dilakukan pada pemindai sidik jari yang sebelumnya di samping punggung ponsel menjadi di bawah kamera.

Selain itu, duo Galaxy ini diklaim tahan air dan debu lantaran memiliki standarisasi IP68. Keduanya pun dapat melakukan pengisian baterai dengan kabel maupun nirkabel secara cepat.

Spesifikasi Dapur Pacu

Untuk dapur pacunya, duo Galaxy ini mengusung yang terbaik di pasaran saat ini, yaitu Exynos 9810 dan Snapdragon 845. Snapdragon 845 umumnya digunakan Samsung untuk pasar Amerika, sedangkan di negara lain termasuk Indonesia aka kebagian Exynos 9810.

Galaxy S9 dan S9 Plus didukung RAM 4 GB dan 6 GB. Kedua series Galaxy ini juga dilengkapi storage 64 GB yang bisa ditambah dengan memori eksternal. Sementara untuk baterai, Galaxy S9 ditanamkan baterai 3.000 mAh dan S9 Plus 3.500 mAh.

Kamera

Kamera Galaxy S9 dan S9 Plus. (YouTube)

Bagian yang menjadi keunggulan utama serta banyaknya perubahan ada pada sektor kamera, tepatnya kamera tunggal di Galaxy S9 dan kamera belakang ganda di S9 Plus. Kamera duo Galaxy ini pun diklaim memiliki kemampuan setara kamera profesional. Pasalnya, kamera belakang duo Galaxy ini mempunyai diafragma yang bisa diubah pengaturannya, yakni antara bukaan f/1,5 dan f/2,4.

Di kamera profesional umumnya pengaturan diafragma berguna untuk pengambilan gambar di berbagai situasi cahaya. Untuk di situasi bercahaya redup, diafragma mesti dibuka pada angka terkecil, sebab makin kecil angkanya maka semakin besar bukaan diafragma, yang berarti semakin banyak cahaya yang akan masuk. Sementara untuk kondisi yang bercahaya terang, diafragma diatur pada angka tertinggi, sebab bukaan diafragma akan kecil, yang berarti cahaya yang masuk akan sedikit.

Selain itu, kamera autofokus dua piksel terbaru yang lebih kencang dan lebih tepat dalam memfokuskan gambar diusung pada sensor kamera S9. Keunggulan ini membuat S9 dapat meminimalisir noise saat memotret di daerah kurang cahaya.

Bukan hanya unggul dalam pemotretran, untuk pengambilan video karena kamera duo Galaxy ini dilengkapi fitur slow-motion dengan frame 960 fps beresolusi 1080p.  Alhasil, perekaman momen 0,2 detik bisa diperpanjang menjadi enam detik. Ini membuat hasil rekaman slow–motion menjadi menakjubkan.

Sementara itu, sistem dua kamera belakang di S9 Plus ini punya cara kerja yang mirip dengan Note 8, yakni lensa kedua dengan focal length lebih panjang alias telephoto dengan bukaan f/2,4, dan berguna untuk menghasilkan efek potrait mode milik Samsung bernama Live Focus.

AR Emoji

Perubahan lain yang dibawa duo Galaxy ini adalah AR Emoji. Dengan fitur ini pengguna S9 dan S9 Plus bisa membuat emoji berdasarkan wajahnya sendiri, yang juga bisa diubah sesuka hati menggunakan bermacam opsi yang ada.

Bila Anda tertarik membawa duo Galaxy ini pulang, maka Anda perlu menyiapkan budget antara Rp 11,5 juta sampai Rp 14,5 juta. Pasalnya, harga keduanya dibanderol di antara harga tersebut. Seperti Galaxy S9 dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB dibanderol dengan harga Rp 11.499.000.