Foto Fakta News
Berempat.com

Narapidana korupsi terus menjadi sorotan, tak terkecuali terpidana kasus korupsi e-KTP Setya Novanto. Apalagi beberapa hari lalu beredar foto Setya Novanto yang divonis hukuman 15 tahun penjara itu terlihat di rest area kilometer 97 Tol Purbaleunyi arah Jakarta.

Berkemeja putih dan balutan setelan jas hitam, Novanto terlihat melenggang bersama ketiga orang lain menuju sebuah mobil berwarna hitam. Kemunculan mantan Ketua DPR itu pun membuat heboh warganet.

Menanggapi hebohnya kemunculan mantan Ketua Umum Partai beringin itu, Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah mengatakan jika foto tersebut terkait agenda Setnov yang hendak menjadi saksi kasus e-KTP di persidangan Tipikor Jakarta. Novanto diagendakan memenuhi panggilan Jaksa guna dimintai keterangan untuk dua terdakwa kasus e-KTP, Irvanto Hendra Pambudi dan Made Oka Masagung.

“Sekitar tanggal 18 tersebut ada jadwal persidangan kasus e-KTP di Pengadilan Tipikor Jakarta dengan terdakwa Irvanto dan Made Oka,” kata Febri.

Febri melanjutkan bahwa mungkin dalam perjalanan dari Lapas Sukamiskin ke Jakarta, tim petugas memerlukan istirahat sejenak di rest area. Apalagi, kata Febri, jaraknya memang jauh. “Namun, hal tersebut sepenuhnya tentu tetap perlu sesuai dengan SOP di Ditjen Pas, khususnya Lapas Sukamiskin,” jelas Febri.

Kuasa hukum Novanto, Maqdir Ismail, ikut angkat bicara soal beredarnya foto tersebut. Ia mengamini bahwa kemungkinan kliennya yang diperiksa KPK sebagai saksi di pengadilan tindak pidana korupsi Jakarta.

Ia pun menilai bahwa hal tersebut sebenarnya hal yang lumrah dan bukan persoalan. Apalagi, dalam foto itu ada pengawalan dari petugas KPK. “Yang baju merah itu kalau saya tidak salah lihat itu adalah Anang Sugiana, terpidana perkara e-KTP. Dan yang di belakang sekali pakai baju kaos itu sepertinya petugas KPK,” kata Maqdir saat dikonfirmasi.

Berempat.com