Foto lampungpro.com
Berempat.com

Informasi pendaftaran calon calon pegawai negeri sipil (CPNS) memang sangat dinanti-nanti masyarakat, Meski direncanakan sebanyak 76 kementerian/lembaga (K/L) dan 525 pemerintah daerah (Pemda) membuka lowongan secara serentak 26 September lalu, namun ada beberapa yang belum bisa diakses.

Menanggapi tidak serempaknya kementrian dan lembaga membuka lowongan CPNS, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana memastikan semua instansi akan tersedia hari ini atau besok Sabtu. “Saya harap ini atau besok semua on,” ujarnya.

Pendaftaran baru bisa dilakukan jika instansi telah memasukkan rincian formasi CPNS. Lanjut Bima, untuk instansi pusat atau kementerian/lembaga sudah tersedia semua hari ini.

“Pendaftaran itu bisa dilakukan kalau instansinya sudah selesai memasukkan data formasinya, ada yang banyak, ada yang sedikit, yang sedikit mungkin sudah cepat, untuk kementerian lembaga sudah semua, hari ini sudah semua,” ujarnya.

Dia mengatakan, instansi yang belum tersedia berasal dari pemerintah daerah. “Tapi di daerah masih ada yang kesulitan menginput karena perbedaan kemampuan kompetensi mengikuti, belum semua, tapi saya berharap kalau tidak hari ini, besok sudah selesai,” terangnya.

Dia menambahkan, belum masuknya data itu salah satunya karena persyaratan CPNS. Seperti halnya pada Provinsi Jawa Timur yang memutuskan untuk menyamakan kriteria CPNS di tingkat kabupaten/kota.

“Tadi pagi sudah banyak masuk karena mereka menunggu, seperti Jawa Timur, itu kabupaten/kota kompak baru tadi pagi tiba-tiba blank banyak. Jawa Timur contohnya, mengumpulkan semua kabupaten/kota supaya persyaratan sama, jangan beda-beda dong, sama, mereka rapat baru bisa on pagi ini,” pungkasnya.

Berempat.com