Berempat.com

Berkabar.id – Mantan gelandang elegan milik Juventus, Andrea Pirlo baru saja mengumumkan dirinya pensiun dari dunia sepakbola profesional alias gantung sepatu.

Andrea Pirlo memainkan laga kompetitif terakhirnya bersama klub New York City di Major League Soccer (MLS).

Seperti dilansir dari ESPN, pengumuman mantan pemain AC Milan itu pensiun diunggah di akun twitter miliknya. Pirlo menyatakan perjalanan panjang kariernya sebagai pesepakbola sudah mencapai akhir.

“Bukan hanya petualngan saya di New York yang akan berakhir, melainkan juga perjalanan saya sebagai pemain sepak bola. Saya berterima kasih pada setiap tim yang pernah saya bela dan setiap rekan setim yang sangat saya banggakan karena pernah bermain bersama,” ucap Pirlo.

Pirlo sendiri dipastikan akan masuk dalam jajaran legenda Timnas Italia karena perannya yang sentral di Azzurri dalam kurun waktu satu dekade terakhir. Pirlo adalah nyawa Italia di lini tengah ketika mereka memenangkan Piala Dunia 2006 dan jadi runner up Piala Eropa 2012.

Sepanjang kariernya bersama Timnas Italia, Pirlo telah mengoleksi 116 penampilan dengan jumlah 13 gol. Catatan itu membuat Pirlo untuk sementara sejajar dengan Daniele De Rossi, dan hanya kalah dari Paolo Maldini (126), Fabio Cannavaro (136), dan Gianluigi Buffon (173).

Karier Pirlo di level klub juga terbilang cemerlang. Setelah malang melintang di sejumlah klub pada awal kariernya, mulai dari Brescia, Inter Milan, hingga Reggina, Pirlo jadi bagian dari AC Milan yang memenangkan dua trofi Liga Champions pada 2003 dan 2007.

Saat ia tersingkir dari skema AC Milan, Pirlo mampu membuktikan bahwa ia bisa mengembalikan kejayaan Juventus jadi penguasa Italia setelah sebelumnya sempat terpuruk.

Berempat.com