Sumber istimewa

Berkabar.id – Mungkin melihat performa Cristiano Ronaldo pada musim ini terlihat agak aneh dan sedikit mengecewakan. CR7 dianggap kurang bergairah ketika membela Real Madrid di La Liga, tapi sangat berbahaya saat tampil di Liga Champions. Buktinya, di Spanyol dia baru menciptakan dua gol dari 10 laga. Sementara di Eropa, Ronaldo seperti singa yang kelaparan karena telah mengoleksi 8 gol.

Kendati demikian, rekan setim Ronaldo di Real Madrid dan gelandang asal Kroasia Mateo Kovacic sangat percaya Ronaldo akan segera kembali ke bentuk permainan terbaik, khususnya dalam hal konsistensi. Dia menyebut tidak ada yang aneh dari pemain asal Portugal itu selama menjalani sesi latihan bersama pemain-pemain lainnya. Kovacic juga menilai hanya tinggal menunggu waktu saja untuk bisa kembali menyaksikan Ronaldo mencetak banyak gol penting.

“Kami melihat Ronaldo sebagai sosok yang luar biasa. Dia pemain terbaik di dunia. Di masa lalu dia menghasilkan banyak gol. Saya rasa di masa kini dan masa mendatang dia juga akan terus mencetak gol. Saya lihat apa yang terjadi pada dirinya di La Liga saat ini hanya sementara. Dia masih memliki banyak kesempatan karena kompetisi baru dimulai,” ujar Kovacic, seperti yang dilansir Soccerway.

Sesuai jadwal, Kamis (7/12) dini hari waktu Indonesia, Ronaldo akan memimpin Madrid menghadapi pertandingan terakhir fase grup Liga Champions kontra Borussia Dortmund. Pertandingan tidak akan berpengaruh karena Madrid dan Tottenham Hotspur sudah pasti lolos ke babak 16 besar. Bahkan, dengan head to head yang terjadi sekalipun, Los Blancos dipastikan menjadi runner-up.

Yang menarik, selang beberapa jam setelah pertandingan tersebut peraih Ballon d’Or 2017 akan diumumkan. Ronaldo diyakini akan kembali bersaing ketat dengan seteru abadinya, Lionel Messi.

Tapi kemungkinan besar “bola emas” akan menjadi milik Ronaldo karena sepanjang 2016/2017 ia mampu menciptakan prestasi bagus. Bersama Madrid, dia jura La Liga dan Liga Champions.

“Saya rasa dia akan memenangkan Ballon d’Or. Sebab, tahun ini dia tampil luar biasa. Dia menciptakan banyak gol. Dia memenangkan sejumlah gelar penting untuk Madrid. Dia kunci kesuksesan kami di La Liga dan Liga Champions. Tentu saja saya ikut senang dengan apa yang dia hasilkan. Bagi kami Ronaldo adalah pemain paling penting. Dia layak memenangkan Ballon d’Or lagi,” ungkap Kovacic.

Trofi lain yang bisa dipersembahkan Ronaldo pada akhir tahun ini adalah Piala Dunia Antarklub. Kompetisi yang mempertemukan juara-juara Liga Champions (Copa Libertadores di Amerika Selatan) itu akan mulai digelar pekan ini. Sebagai wakil Eropa, Madrid akan langsung berada di semifinal menanti pemenangan play-off dan perempat final.

Pantaskah Ronaldo Meraih Ballon d’Or ?

Penghargaan Ballon d’Or akan diumumkan beberapa hari lagi. Dari sekian banyak kandidat, nama Cristiano Ronaldo tetap menjadi sorotan utama untuk mendapatkan gelar bergengsi bagi pesepakbola tersebut.

Ronaldo yang juga berhasil meraih pemain terbaik FIFA 2017 itu kembali difavoritkan lantaran keberhasilannya membawa Real Madrid menjuarai Liga Champions Eropa 2016/2017 dan Liga Spanyol di tahun yang sama. Namun, melihat kondisi aktual saat ini, pantaskah jika CR7 kembali dijagokan untuk meraih gelar Ballon d’Or 2017?

Penampilan yang menurun di awal musim 2017-2018 menjadi penyebabnya. Salah satu yang membuat orang tidak yakin CR7 membawa pulang piala itu ialah produktivitas golnya yang sangat jauh menurun dibandingkan musim-musim sebelumnya.

Berikut ini beberapa pertimbangan apakah Ronaldo pantas atau tidak mendapatkan Ballon d’Or 2017.

  1. Ronaldo saat ini baru mencetak 8 gol di fase grup, namun pemain asal Portugal itu berpeluang mencetak dua gol ke gawang Borussia Dortmund di partai pamungkas.
    Secara keseluruhan Ronaldo hanya terpaut satu gol dari Messi di tabel top scorer sepanjang masa fase grup Liga Champions.
  2. Ronaldo mengumpulkan 59 gol bersama Real Madrid dan Manchester United, sedangkan Messi 60 gol seluruhnya untuk Barcelona.
  3. Berbanding terbalik dengan Ronaldo di Liga Champions, Messi sejauh ini baru mencetak tiga gol di fase grup.
  4. Messi sebenarnya masih bisa menambah pundi-pundi gol di pertandingan terakhir kontra Sporting Clube de Portugal (Sporting CP), namun nyatanya ia telah gagal.
  5. Meski begitu, megabintang Barcelona masih punya alasan untuk tersenyum. Ia unggul jauh atas Ronaldo di tabel top scorer Liga Spanyol. Maklum, penampilan Ronaldo bersama Real Madrid musim ini sedang melempem.