Berkabar.id – Manchester United yang berhasil memastikan lolos ke 16 besar Liga Champions sebagai juara grup. Dan hal tersebut rupanya tidak membuat manajer Manchester United (MU), Jose Mourinho terlalu memikirkan siapa lawan berikutnya di fase 16 besar tersebut.  

Jose Mourinho ternyata enggan bepikir terlalu jauh setelah timnya memastikan tiket ke babak knock out Liga Champions musim ini. Pelatih asal Portugal itu memilih fokus kepada pertandingan-pertandingan lain yang sudah di depan mata. Salah satunya Derby Manchester.

Dalam laga pamungkas Grup A, MU sukses menang 2-1 atas CSKA Moskow dini hari WIB tadi. Setan Merah memuncaki klasemen dengan koleksi 15 poin. Dua gol MU dilesakkan Romelu Lukaku dan Marcus Rashford. Sementara, CSKA mencetak gol melalui Vitinho.

Sayangnya menjadi juara grup tak membuat tugas MU menjadi mudah. Pasalnya mereka harus bertemu sejumlah lawan berat, seperti Juventus, Sevilla, Real Madrid, Porto, hingga Bayern Munchen yang menjadi runner-up masing-masing grup.

Undian babak 16 besar Liga Champions akan digelar 11 Desember mendatang. Laga leg 1 akan digelar 13/14 dan 20/21 Februari 2018. Sementara leg kedua akan digelar 6/7 dan 13/14 Maret 2018.

“Lebih baik saya lupakan undian Liga Champions. Lagipula kami baru bermain lagi Februari mendatang,” kata Mourinho seperti dilansir Berkabar.id dari Evening Standard.

“Yang jelas tidak ada tim yang bahagia jika bertemu kami. Saya juga tidak peduli kami bertemu klub mana pun. Untuk sekarang kami akan fokus di Liga Inggris dan ajang lainnya,” katanya menambahkan.

Di sisi lain, Mourinho sedikit kecewa melihat penampilan MU kontra CSKA. Apalagi mereka sempat tertinggal satu gol sebelum jeda.

“Saya tidak bahagia dengan permainan di babak pertama. Namun kami mampu bangkit dan menunjukkan sikap profesional di babak kedua.”

Berikut sejumlah fakta menarik lolosnya Manchester United:

  1. MU kini tak terkalahkan dalam 40 laga kandang terakhirnya. Ini jadi rekor baru bagi klub Inggris itu.
  2. Paul Pogba sudah menyumbang 6 assist dalam 12 laga di berbagai kompetisi. Jumlah itu sudah menyamai assist dia pada 51 laga musim lalu.
  3. Gol Lukaku di laga kontra CSKA menjadi yang kedua dalam 12 laga di berbagai kompetisi. Gol itu bisa membuat rasa percaya dirinya bertambah setelah terus dikritik karena cukup lama mandul. Gol itu menjadi yang ke-13 yang disumbangkan untuk MU di berbagai kompetisi musim ini.
  4. Lukaku menjadi salah satu dari tiga pemain yang dinilai tampil bagus oleh Manchester Evening News, bersama Paul Pogba dan Luke Shaw. Ketiganya mendapat nilai 8.
  5. Kemenangan ini menjadi bekal bagus bagi MU untuk menyongsong derby melawan Manchester City akhir pekan ini. Di Liga Inggris mereka tertinggal 8 poin dari rivalnya itu.
  6. Jose Mourinho tampak sudah mulai nyaman dengan taktik tiga bek di lini belakang, baik itu transformasi 3-4-3 atau 3-4-1-2. Terbukti, hasil melawan CSKA jadi kemenangan ketiga beruntun Man United dengan taktik tersebut, setelah sebelumnya menang 4-2 atas Watford dan 3-1 atas Arsenal.
  7. Taktik tiga bek di lini belakang juga lebih menguntungkan bagi Mourinho, khususnya dari segi filosofi bermainnya yang mengandalkan efisiensi saat mencetak gol dan kuat saat bertahan. Taktik tersebut memungkinkan Man United membentuk pertahanan solid di lini belakang, lalu melancarkan serangan balik.

Editor: R. Shandy