Berkabar.id – Real Madrid lolos ke babak 16 besar Liga Champions musim ini. Cristiano Rionaldo pun memberikan kontribusi setelah menaklukkan Borussia Dortmund 3-2 di Santiago Bernabeu, Kamis (7/12) dini hari tadi.

Ronaldo bahkan mencetak rekor atas namanya sendiri. Pemain terbaik dunia empat kali itu bahkan melakukannya dengan gaya. Dari sebuah umpan silang, Mateo Kovacic mengirim operan pendek kepada Ronaldo, yang diteruskan dengan sepakan melengkung ke tiang jauh. Kiper Roman Buerki sampai tak sempat bereaksi.

Gol itu membuat pemain berjuluk CR7 itu telah mencetak sembilan gol di sepanjang fase grup, alias yang tersubur. “Penggemar sepakbola menikmati saat menonton pemain seperti Ronaldo. Kehadiran dan hasrat dia dalam mencetak gol begitu besar. Dia agresif. Sangat baik untuk penggemar sepakbola manapun untuk disaksikan,” puji pelatih Dortmund Peter Bosz.

Ronaldo mengungguli Harry Kane (Tottenham Hotspur), Edinson Cavani, dan Neymar (Paris Saint Germain) serta Wissam Ben Yedder (Sevilla), yang sama-sama mencetak enam gol. Sedangkan bomber Barcelona Lionel Messi baru membuat tiga gol di Liga Champion musim ini.

Dengan golnya itu, Ronaldo berhasil mencetak gol dalam enam pertandingan di fase grup Liga Champions. Dia menjadi pemain pertama yang berhasil melakukannya sejak musim 1992/1993.

“Saya sangat senang kami berhasil menyelesaikan fase grup Liga Champions dengan baik. Saya juga berhasil mencetak gol untuk membantu tim meraih kemenangan. Itu sebuah rekor yang penting, saya sangat senang,” ucap Ronaldo, dikutip dari Marca.

Ronaldo sampai saat ini menjadi pemain yang paling sering mencetak rekor baru. Apa saja rekor Ronaldo di Liga Champion?

Pemain pertama yang mencetak 100 gol di Liga Champions

Hattrick di Santiago Bernabeu membuat jumlah gol Ronaldo secara total menjadi 101 di Liga Champions. Berapa banyak jumlah gol yang bisa ia cetak di sepanjang kariernya?

Pemain pertama yang mencetak hat-trick melawan Bayern Munich di Liga Champions

Ronaldo mungkin mendapat bantuan dari hakim garis untuk meraih pencapaian yang satu ini, tapi prestasinya tetap saja mengesankan.

Gol terbanyak di babak penyisihan grup dalam satu musim Liga Champions

Ronaldo mencetak 11 gol dalam enam pertandingan penyisihan grup pada musim 2015/16. Tidak buruk, kan?

Gol terbanyak di fase knock-out

Rekornya saat ini berada di angka 42 gol, dan Anda tentu bisa membayangkan Ronaldo akan menambah jumlah tersebut di babak semifinal dan final bila mampu membawa Madrid melangkah sejauh itu di musim ini.

Gol terbanyak dalam satu musim Liga Champions

Ronaldo dengan luar biasa mencetak 17 gol saat Real Madrid memenangkan kompetisi Liga Champions musim 2013/14.

Gol terbanyak Liga Champions dalam satu tahun kalender

2013 merupakan tahun yang sangat baik untuk Ronaldo di Liga Champions, di mana ia menciptakan 13 gol di sepanjang tahun.

Satu-satunya pemain yang mencetak 15 gol atau lebih dalam dua musim Liga Champions

Dia mencapai itu pada musim 2013/14 dan 2015/16, dan di kedua musim tersebut ia berhasil membawa timnya meraih gelar juara.

Pemain pertama yang mencetak tiga hat-trick dalam satu musim Liga Champions

Brace (dua gol dalam satu pertandingan) terbanyak di kompetisi Liga Champions. Ronaldo telah melampaui Brace sebanyak 20 kali di Liga Champions.

Pencetak gol tandang terbanyak di Liga Champions

Jelas fans tim lawan tidak bisa memengaruhi performa Ronaldo, karena ia telah mencetak 42 gol di pertandingan tandang di Liga Champions.

Pencetak gol tandang beruntun terbanyak di Liga Champions

Dia berhasil mencetak gol tandang di 12 laga berturut-turut, lebih banyak dari pemain lain.

Satu-satunya pemain yang mencetak gol final Liga Champions untuk dua tim yang berbeda

Dia mencetak gol dalam kemenangan Manchester United atas Chelsea pada musim 2007/08, dan untuk Real Madrid saat melawan Atletico Madrid di perpanjangan waktu musim 2013/14. Jangan katakan Ronaldo tidak bisa bersinar di pertandingan besar.

Editor: R. Shandy