Thierry Henry (istimewa)

Berkabar.ID – Arsenal yang telah dilatih Arsene Wenger selama 20 tahun lebih tentu banyak memiliki historis yang tak terlupakan, termasuk menjadikan Arsenal sebagai tim pengoleksi Piala FA terbanyak dengan total 13, melewati Manchester United. Dan yang paling berkesan bagi fans The Gunners yaitu ketika Arsenal meraih gelar juara pada 2004 tanpa menelan kekalahan sekali pun.

Di balik berbagai prestasi yang berhasil diberikan Arsene Wenger di Arsenal, The Professor juga menunjukkan kejeniusannya dalam mengendus bakat talenta muda dan menguliknya menjadi pemain yang berkualitas dengan harga jual tinggi. Mungkin inilah alasan menejemen Arsenal enggan melepaskan Wenger dari posisi kepelatihan The Gunners kendati saat ini Arsenal sedang dalam performa inkonsistensi.

Dan berdasarkan guratan waktu, berikut ini adalah empat pemain yang berhasil bersinar setelah berada di bawah asuhan Arsene Wenger.

  1. Thierry Henry
Thierry Henry (istimewa)

Thierry Henry bisa dibilang produk terbaik Wenger, sebab Arsenal mau merekrut Henry yang tidak mendapatkan tempat di Juventus pada 1999. Thierry Henry yang berada di bawah asuhan Arsene Wenger pun menjelma menjadi momok yang paling menakutkan di lini depan Arsenal. Henry pun semakin dipuja kala berhasil membawa Arsenal juara Liga Premier pada tahun 2003/2004 tanpa mengalami kekalahan sekali pun atau yang biasa disebut invincible. Saat itu sampai muncul jargon di kubu Arsenal, “serahkan saja bola pada Henry dan biarkan dia yang menyelesaikannya”.

Selama berkarier di Arsenal, pemain asal Prancis ini memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak Arsenal dengan 226 gol dalam 370 pertandingan (1999-2007). Dalam periode ini pemain berjuluk King Henry ini telah mempersembahkan juara Liga Primer Inggris dua kali, dan Piala FA tiga kali.  Henry pun berhasil menghantarkan Arsenal ke Final Liga Champions 2006 meskipun harus dikalahkan Barcelona.

Sejak itu pula Henry memutuskan hijrah ke Barcelona pada tahun 2007, kariernya di Barcelona terbilang cukup baik dengan torehan 49 gol selama tiga tahun bermain untuk Los Cules. Ia juga berhasil memenangkan dua kali juara La Liga serta satu Juara Piala Champions, ditambah Piala Super UEFA dan Piala Dunia Klub FIFA.

  1. Robin van Persie
Robin van Persie (Istimewa)

Striker asal Belanda ini adalah pemain didikan Wenger yang sangat bersinar di Arsenal. Van Persie yang direkrut Wenger pada 2004 dari tim asal Belanda Feyernord dengan mahar  2.75 juta Pound sterling.

Kendati di musim pertamanya Persie masih belum medapatkan tempat karena adanya Dennis Bergkamp, Jose Antonio Reyes, dan Thierry Henry, namun di tahun 2007 tibalah karier Persie melesat. Momentum baginya setelah kepindahan Henry ke Barcelona.

Di Arsenal, Persie berhasil menorekahkan 132 gol dari 277 penampilan dan menyumbang Piala FA Cup (2005) dan FA Cummunity Shield (2004).

  1. Cesc Fabregas
Cesc Fabregas – Gettyimage

Setelah kepergian Van Persie dari Arsenal untuk hijrah ke kubu rival, Manchester United gantian Fabregas menjadi pemain yang bersinar. Wenger yang percaya akan bakat Fabregas memutuskan untuk menariknya pada 2003 dari Barcelona. Padahal kala itu usia Fabregas baru menginjak 16 tahun.

Bersama Arsenal selama delapan musim, Cesc Fabregas membukukan 58 gol dan 91 assist dari 303 penampilan selama delapan musim membela Arsenal. Dia pun mampu menjuarai dua trofi Community Shield, dan satu Piala FA bersama Meriam London.

  1. Hector Bellerin
Hector Bellerin (Istimewa)

Sama seperti halnya Fabregas, Arsenal yang sudah mencium bakat Hector Bellerin langsung memutuskan untuk menariknya dari Barcelona pada 2011 lalu. Saat itu usianya baru 16 tahun. Dan seiring berjalannya waktu, kini Hector Bellerin menjadi bek kanan andalan di kubu Arsenal. Bahkan Bellerin pun sudah dilirik banyak klub besar.