Piala Presiden ( Twitter)

Berkabar.ID – Gelaran turnamen Piala Presiden akan di gelar pada 16 Januari mendatang di Stadion Glora Bandung Lautan Api, Bandung. Piala Presiden ini sudah digelar untuk yang ketiga kalinya, yakni pada tahun 2015 dan 2017.

Kompetisi pramusim ini menjadi ajang pemanasan bagi para klub Indonesia sebelum mengawali kompetisi yang sesungguhnya. Gelaran Piala Presiden akan diikuti 20 tim dari Liga 1 dan Liga 2. Untuk edisi 2018, turnamen pramusim ini berlangsung pada 16 Januari-17 Februari 2018.

Tujuan Piala Presiden 2018

Presiden Joko Widodo saat akan menendang bola sebagai tanda pembukaan turnamen pra-musim Piala Presiden 2017 di Stadion Maguwoharjo pada Sabtu (4/2/2017) sore.( GONANG SUSATYO/JUARA.NET)

Tujuan digelarnya Piala Presiden 2018 ini rupanya bukan hanya menjadi wadah bagi klub-klub sepak bola di Indonesia untuk berkompetisi, tetapi ada tujuan lain yang diusung. Menurut anggota organizing committee, Risha Adi Wijaya menyebutkan tujuan digelarnya turnamen pra musim ini antara lain untuk meningkatkan fair play, prestasi, ekonomi kerakyatan, serta industri sepak bola sendiri. Selain itu transparansi keuangan akan diterapkan di tiap pertandingan.

Risa pun berharap digelarnya turnamen Piala Presiden ini dapat menjadi wadah bagi klub agar bisa mengeluarkan bakat-bakat pemain Indonesia untuk berprestasi. Risa pun mengeluarkan regulasi bagi setiap tim harus mendaftarkan pemain U-23, meskipun tidak harus diturunkan sekaligus.

Aturan Pemain Asing di Piala Presiden 2018

Pemain Persija, Jhonatan Bernardo Mariano (kiri) dan Christopher Arriagada (Viva.co.id)

Untuk pemain asing sendiri, klub boleh mendaftarkan hingga empat nama dengan komposisi tiga non Asia dan satu pemain Asia. Selain itu para pemain yang didaftarkan wajib memenuhi dokumen persyaratan pendaftaran khusus pemain dan official asing, yakni memiliki Izin Menggunakan Tenaga Kerja Asing (IMTA) atau Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS) yang masih berlaku.

Visi Misi Ekonomi Kerakyatan di Piala Presiden 2018

Jessi Carina Pedagang Asongan yang berjualan dalam kampanye Partai Gerindra di Gelora Bung Karno pada Minggu (23/03/2014). (Kompas.com)

Sebagaimana tujuan dari Piala Presiden 2018 kali ini, Risa mengatakan akan ada transparasi keuangan di setiap pertandingan. Karena itu pada menit ke-75 di setiap pertandingan akan disampaikan berapa jumlah penonton yang hadir, jumlah tiket yang terjual, termasuk menyebutkan jumlah pedagang kaki lima dan pedagang asongan yang ada di stadion.

Piala Presiden 2015

Persib Bandung menjuarai Piala Presiden 2015, Minggu (18/10/2015). (Herka Yaris/JUARA.net)

Persib Bandung menjadi yang terbaik di Piala Presiden 2015. Maung Bandung sukses memetik kemenangan dua gol tanpa balas di partai final. Bahkan yang mengejutkan Persib yang menjadi juara di Piala Presiden 2015 saat bermain di Stadion Glora Bungkarno, Jakarta. Karena Jakarta adalah markas besar The Jak Mania selaku rival berat Bobotoh Persib. Persib terakhir kali menjadi juara di SUGBK pada Ligina (Liga Indonesia) 1994-95.

Piala Presiden 2017

Arema Malam Juara Piala Presiden 2017 (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Untuk gelaran kedua Piala Presiden menempatkan Arema FC yang menjadi juara Piala Presiden 2017. Di partai final Arema menang telak atas Pusamania Borneo FC dengan skor 5-1 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kab. Bogor. Striker Arema, Cristian Gonzales, menjadi bintang lapangan di final kala itu.

Hebatnya lagi, meski sudah berusia 40 tahun, Gonzales mampu menjadi top scorer dengan 11 gol. Arema juga menyabet gelar pemain terbaik Piala Presiden 2017 lewat Adam Alis.