De Bruyne dan Guardiola - (Getty)

Berkabar.ID – Di balik kegemilangan Sergio Aguero yang menjadi pahlawan Manchester City saat berhasil menekuk Leicester City 5-1 pada Minggu (11/2) kemarin, ada sosok Kevin De Bruyne yang bermain tidak kalah gemilang dengan catatan tiga assist.

Dua gol yang dicetak Aguero merupakan hasil umpan manis yang diberikan oleh De Bruyne. Sementara satu umpan matang De Bruyne lain dikonversi menjadi gol oleh Raheem Sterling.

De Bruyne memang dikenal sebagai raja assist di Manchester City untuk saat ini. Untuk musim ini, mantan pemain Chelsea tersebut sudah mengoleksi 14 assist, dan menjadikannya sebagai pemain dengan pengoleksi assist terbanyak di Liga Inggris saat ini.

Bahkan, menurut catatan Opta, tambahan tiga assist di laga melawan Leicester City telah membuat pemain berusia 26 tahun tersebut menjadi raja assist di lima liga top Eropa. Total, pemain asal Belgia tersebut telah menciptakan 77 assist sejak menjalani debut bersama Werder Bremen di tahun 2012 lalu.

Dengan jumlah 77 assist ini membuat De Bruyne bisa melampaui Lionel Messi yang sepanjang kariernya bersama Barca baru mencetak 76 assist.

Layak Dapatkan Ballon d’Or

De Bruyne – (Getty)

Torehan apik De Bruyne bersama The Citizen musim ini membuatnya mendapat sanjungan dari Pep Guardiola. Pelatih berkepala plontos itu bahkan mengatakan dengan yakin bila De Bruyne layak mendapatkan Ballon d’Or. Apalagi bila melihat permainannya yang selalu stabil hingga saat ini.

Namun, mantan pelatih Bayern Munchen tersebut memberikan catatan kepada De Bruyne. Menurutnya, jika De Bruyne ingin mendapatkan Ballon d’Or tentu ia harus lebih dulu bisa membawa Manchester City menjuarai Liga Champions. Sebab menurut Guardiola, jika Manchester City gagal di Liga Champions bukan tidak mungkin namanya pun akan tersingkir dari nominasi tersebut.

“Untuk bisa ada di level (Ballon d’Or) itu Anda harus memenangkan gelar dan gelar. Terutama satu. Anda harus berada di Liga Champions untuk bisa memenangkannya, dan jika Anda tak masuk di babak-babak akhir, Anda tak ‘kan masuk nominasi,” ujar Guardiola sebagaimana melansir ESPN.