Owen Hargreaves - (Matthew Peters/Getty Images)
Berempat.com

Berkabar.ID – Dunia sepak bola di benua Eropa dikenal sangat luar biasa. Para bintang lapangan hijau dapat menikmati kehidupan layaknya artis papan atas dunia. Tak heran sebab bayaran pesepak bola di sana bisa miliaran rupiah dalam sepekan. Sebab itu banyak yang bermimpi menjadi bintang sepak bola.

Namun, rupanya tidak semua pemain sepak bola memutuskan untuk terus bertahan hingga usia tua untuk merumput. Berbagai alasan menjadi landasan keputusan para pemain untuk mundur dari gemerlap dunia sepak bola sebelum waktunya, atau pensiun dini.

Salah satu faktor pemain memilih untuk pensiun lebih cepat karena didera cedera yang berkepanjangan. Tak peduli dengan status mereka sebagai pemain top atau pemain bertalenta yang memiliki masa depan cerah, jika cedera parah sudah menghantui, maka ada potensi besar performa akan menurun.

Lalu, siapa saja bintang lapangan hijau yang memutuskan untuk pensiun dini? Berikut Berkabar.id merangkum lima pesepak bola yang harus pensiun di usia dini.

  1. Marco van Basten
Marco van Basten – (Getty)

Legenda sepak bola asal Belanda, Marco van Basten pernah bermain untuk Ajax Amsterdam dan AC Milan. Namanya melambung di era 1980 hingga 1990-an sebagai salah satu penyerang terbaik pada masa itu.

Namun, mimpi buruk mulai menghantuinya kala cedera engkel sudah mendera sejak ia datang ke Milan pada 1987. Di kala itu, van Basten belum menyerah bertarung melawan cedera hingga ia bangkit dan menemukan performa terbaiknya. Namun, setelah bergelut dengan cedera lutut selama hampir dua tahun akhirnya ia menyerah juga. Van Basten memutuskan pensiun pada 1995 di kala usianya masih 28 tahun.

Bersama Milan dirinya berhasil merengkuh dua gelar Champions League dan dua gelar Piala Super Eropa. Penyerang Timnas Belanda ini juga menorehkan 90 gol dari 147 penampilan selama periode 1987-1995. Van Basten berhasil mencetak 277 gol selama kariernya.

  1. Sebastian Deisler
Sebastian Deisler – (Getty)

Sebastian Deisler adalah pemain muda Jerman yang sangat berbakat dan spesial. Dia dianggap sebagai pemain masa depan sepak bola Jerman saat memulai karier profesionalnya dengan Borussia Monchengladbach. Kemudian ia pun mulai hijrah ke Hertha Berlin, sebelum kemudian pindah ke raksasa Bundesliga, Bayern Munchen.

Namun, kariernya tak sepanjang usianya akibat rentan didera cedera.Terlalu sering didera cedera membuatnya lebih banyak menghabiskan waktu di ruang perawatan daripada di lapangan. Hal itu lantas membuat Deisler mengalami depresi. Akhirnya, ia pun memutuskan untuk mengakhiri karier pada Januari 2007. Saat itu ia masih berusia 27 tahun.

  1. Ruben De La Red
Ruben De La Red – (Marca)

Karier Ruben De La Red mulanya cukup menjanjikan. Ia merupakan produk binaan akademi Real Madrid. Sempat menjalani musim peminjaman sukses di Getafe, De La Red kembali ke Santiago Bernabeu pada awal musim 2008/2009. Bahkan, penampilan mengesankan De La Red di Getafe membawanya ke tim nasional Spanyol untuk Euro 2008.

Namun, selama dua musim berikutnya ia hanya tampil di lapngan sebanyak dua kali. Penyebabnya, ia sempat pingsan di lapangan ketika Real Madrid menghadapi Real Union di Copa del Rey pada musim 2009/2010. Belakangan, diketahui bahwa De La Red mengidap penyakit jantung. Pemain kelahiran 5 Juni 1985 ini pun harus pensiun dalam usia yang sangat muda, 25 tahun.

  1. Owen Hargreaves
Owen Hargreaves (Matthew Peters/Getty Images)

Pemain berdarah Inggris-Kanada ini merupakan anak emas di timnas Inggris sejak masih berusia 20 tahun. Pada Piala Dunia 2006, meskipun Inggris tidak berhasil meraih prestasi gemilang, namun sosok Hargreaves yang sering menekan dan agresif menjadi daya tarik tersendiri.

Hargreaves hampir melewatkan semusim penuh bersama Bayern sebelum tampil melawan Real Madrid di 16 besar Liga Champions. Usai menjalani musim 2006/07, musim terakhirnya bersama Bayern, Hargreaves menerima pinangan Manchester United dan bermain di sana hingga 2011.

Namun, selama bergabung bersama Setan Merah Hargreaves justru terus dilanda cedera, mulai dari cedera tendon, lutut, cedera tulang lutut, hingga cedera pada pahanya. Alhasil, kontrak Hargreaves tak diperpanjang Man United pada 2011 dan ia pindah ke rival sekota, Manchester City.

Bersama The Citizens, karier Hargreaves benar-benar berjalan singkat dengan total hanya mengemas empat penampilan. Penurunan performa Hargreaves yang akhirnya memutuskan gantung sepatu di usia 31 tahun.

  1. Ryan Mason
Ryan Mason – (Getty)

Satu cedera serius nan mengerikan didapat gelandang andalan Hull City, Ryan Mason, saat menghadapi Chelsea pada 22 Januari 2017 lalu. Benturan kepalanya dengan Gary Cahill membuat tulang tengkoraknya retak.

Pemain berusia 26 tahun itu harus menjalani operasi dan sempat dirawat di rumah sakit selama satu pekan. Namun, pada tanggal 13 Februari, Mason terpaksa mengumumkan pensiun dari lapagan hijau setelah mempertimbangkan saran dari sejumlah ahli medis.

Berempat.com