Gonzalo Higuain dan Paulo Dybala dalam laga Tottenham vs Juventus di Wembley Stadium, Kamis (7/3) dini hari WIB. (Twitter/UEFA Champion League)
Berempat.com

Berkabar.ID – Tampil di Wembley Stadium, Inggris, Kamis (8/3) dini hari WIB dengan membawa bekal hasil seri di kandang, Juventus mampu pulang dengan kepala tegak setelah menenggelamkan harapan Tottenham 1-2. Sempat tertinggal lebih dulu, Juventus berhasil membalikkan keadaan melalui duet penyerang asal Argentina, Higuain dan Dybala.

Juventus sebetulnya mengawali laga dengan performa yang tak cukup baik. Tampil dengan formasi 4-3-3 justru membuat La Vecchia Signora kalah di lini tengah. Baik Kheidira, Pjanic maupun Matuidi tak dapat membendung lini tengah Tottenham yang dimotori Eriksen dan Dembele.

Tottenham bahkan terlihat lebih mendominasi laga dengan lebih banyak menyerang. Sebagai perbandingan, tim asal London itu memiliki 23 kali percobaan yang enam di antaranya mengarah ke gawang dan satu membentur mistar.

“Kami mampu melakukan apapun, termasuk 50 menit yang mengerikan dan kemudian membalikkan hasilnya. Pada titik tertentu, kami mulai bermain bagus dan mencetak dua gol,” ujar salah satu tembok pertahanan Juventus, Barzagli kepada Mediaset Premium sebagaimana dilansir oleh Goal.

Strategi Allegri yang Ampuh

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri berhasil membawa Juventus melaju ke perempat-final Liga Champions. (Express)

Kemenangan Juventus tak terlepas dari strategi yang diramu oleh sang allenatore, Massimiliano Allegri. Meski di babak pertama Allegri seperti salah meramu formasi lantaran Juventus seolah terkungkung oleh permainan Tottenham.

Akibatnya, permainan Tottenham yang lebih mendominasi membuat mereka mampu unggul lebih dulu sebelum menutup babak pertama melalui sontekan Son Heung-min di menit ’39. Skor 1-0 membawa The Lilywhite berada di atas angin untuk melaju ke perempat-final Liga Champions.

Beruntung, Allegri segera bertindak cepat saat babak kedua baru berjalan 15 menit. Tepatnya di menit ke-60 dua pergantian pemain segera dilakukan. Asamoah masuk menggantikan Matuidi, dan Lichsteiner masuk menggantikan Benatia.

Pergantian pemain yang dilakukan Allegri terbukti ampuh. Hanya butuh empat menit Juventus mampu menyamakan kedudukan melalui Higuain. Serangan bermula dari Lichsteiner yang melakukan penetrasi dari sisi kiri pertahanan Tottenham dan memberikan umpan silang yang kemudian diteruskan oleh Kheidira lewat sundulan kepalanya. Higuain dengan lugas mengubah arah datangnya bola di muka gawang hingga membuat Hugo Lloris mati langkah.

Tiga menit berselang, atau tepatnya di menit ’67, Juventus mampu membalikkan keadaan setelah Higuain memberikan umpan terobosan kepada Dybala yang melaju kencang. Bek Tottenham tak sanggup mengejarnya hingga Dybala mampu menceploskan bola ke jala Lloris.

Skor 1-2 untuk kemenangan Juventus pun bertahan hingga usai pertandingan. Menariknya, dua gol Juventus tercipta hanya dari tiga tembakan yang mengarah tepat ke gawang Lloris. Mental pemain dan pengalaman pelatih mungkin menjadi kunci di pertandingan kali ini.

Dengan hasil ini, Juventus pun berhak melaju ke perempat-final Liga Champion. Di waktu yang sama, Manchester City berhasil lolos meski kalah 1-2 dari Basel di kandang.

Berempat.com