Goal

Gianluigi Buffon layak mengambil keputusan pensiun pada akhir musim nanti, demikian menurut kiper legendaris Jerman Oliver Kahn.

Buffon punya karier gemilang dengan mengangkat trofi Piala Dunia, lolos ke final Euro dan meaih sederet gelar juara lokal bersama Juventus.

Akan tetapi meski berhasil menikmati tiga final, kiper berusia 40 ini tidak pernah merasakan nikmatnya meraih gelar Liga Champions, dan mimpinya untuk memburu si Kuping Lebar baru saja musnah di Santiago Bernabeu pertengahan pekan ini.

Meski besar kemungkinan Buffon bakal menakhiri karier tanpa gelar Liga Champions, Kahn mengatakan perjalanan sang legenda hidup Bianconeri itu sudah cukup untuk mengukuhkan reputasi sebagai salah satu kiper terbaik sepanjang masa.

“Sebuah pertanyaan penting, apakah dia sudah menemukan waktu yang tepat untuk mengakhiri karier? buka Kahn pada Bild.

“Jika Anda tidak dapat menemukan waktu yang tepat untuk pensiun, maka suatu hari hal tersebut akan berbalik menyakiti. Philipp Lahm adalah contoh bagus, dia melakukannya dengan sangat baik.”

“Bagi saya sendiri, setelah play-off peringkat tiga Piala Dunia 2006 adalah waktu yang tepat untuk meninggalkan timnas. Pada 2008 bisa saja saya bertahan untuk dua atau tiga tahun lagi, tetapi untuk apa?”

“Akan tiba waktunya di mana Anda akan dihadapkan pada pilihan pensiun.”

“Saya tidak berlebihan, tetapi karier Buffon tidak dinilai oleh kartu merah yang baru saja didapatnya atau karena dia gagal menang di Liga Champions.”

“Buffon adalah juara dunia dan kiper kelas dunia. Hal-hal seperti itu yang masuk hitungan.”

Sumber: Goal.com