Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Firman Abdul Kholik [Humas PBSI]
Berempat.com

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Susy Susanti mengungkapkan alasan dipilihnya Firman Abdul Khalik untuk memperkuat tim Indonesia di Piala Thomas 2018.

Pemilihan pemain 20 tahun tersebut dalam skuat Indonesia di Piala Thomas 2018 sejatinya mendapat banyak keraguan dari banyak pihak.

Jika dibandingkan dua mantan atlet Pelatnas, Tommy Sugiarto dan Sony Dwi Kuncoro yang sebelumnya masuk dalam tim bayangan Indonesia untuk Piala Thomas dan Uber, Firman dinilai kalah jauh dari sisi pengalaman.

Namun menurut Susy, pemilihan komposisi tim Thomas Indonesia tidak hanya melihat dari prestasi masing-masing individu. PBSI juga mempertimbangkan kebutuhan tim, salah satunya dari segi harmonisasi.

“Untuk tunggal keempat ini kan keputusan bersama dari pelatih, pengurus, dan semua jajaran PBSI. Pertimbangannya kita harus lihat tak hanya dari prestasi perorangan, tapi memang untuk kebutuhan tim,” ungkap Susy Susanti saat dihubungi Suara.com, Sabtu (5/5/2018).

Firman yang memang merupakan atlet pelatnas Cipayung dinilai memiliki komitmen dan tanggung jawab yang tinggi untuk tim. Sedangkan perkembangan Tommy Sugiarto dan Sony Dwi Kuncoro tak bisa terpantau oleh PBSI karena berada diluar pelatnas.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti. [Humas PBSI]

Selain itu, dalam turnamen Badminton Asia Team Championship (BATC) 2018 di Malaysia Februari lalu, Firman menjadi sosok penting dalam kemenangan Indonesia atas Korea Selatan di babak semifinal kejuaraan beregu Asia tersebut.

Saat itu, Firman menjadi penyelamat tim saat berhasil memenangi laga penentuan melawan Lee Dong Keun, dengan skor 22-20, 11-21, 22-20.

Susy menilai, dengan penampilan bagusnya di BATC 2018, Firman telah membuktikan diri bahwa sebagai pemain muda, kualitasnya cukup bisa diandalkan.

“Bisa dibilang kemarin juga ya saat BATC 2018 jadi salah satu poin bagus buat Firman, dimana dia jadi penyelamat,” kata Susy.

“Untuk pengalaman sendiri, sebenarnya di BATC kemarin, menjadi satu penilaian bahwa secara beregu Firman sudah bisa membuktikan kualitasnya,” tandas Susy.

Firman akan mendampingi Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie dan Ihsan Maulana Mustofa, sebagai tunggal keempat di Piala Thomas yang akan berlangsung di Bangkok, Thailand pada 20-27 Mei 2018 mendatang.

Sumber: Suara.com

Berempat.com