Foto : Kumparan.com
Berempat.com

Dalam satu pekan, sebanyak 2.832 atlet dari 43 kontingen atlet berjuang di 18 cabang olahraga (cabor) telah berupaya maksimal memperebutkan medali emas dan gelar juara di ajang Asian Para Games 2018. Di hari penutupan Sabtu (13/10) ini kontingen Indonesia memastikan diri berada di posisi kelima klasemen akhir perolehan medali

Secara keseluruhan, kontingen ‘Merah Putih’ berhasil mengumpulkan 135 medali dengan rincian 37 emas, 47 perak, dan 51 perunggu. Perolehan yang mengharumkan nama Indonesia ini jauh melebihi target yang ditetapkan pemerintah Indonesia yakni masuk delapan besar dengan capaian medali emas sebanyak 16 keping.

Jika lebih dirinci, ada 10 cabor yang menyumbangkan medali buat Indonesia dengan delapan di antaranya terdapat emas. Catur menjadi cabor paling banyak menyumbangkan emas dengan 11 medali emas, sedangkan para atletik adalah cabor dengan sumbangsih total medali terbanyak dengan 28 keping.

Acara lalu dimulai dengan pemutaran video countdown dimulainya closing ceremony Asian Para Games. Ikon Asian Para Games, Momo, juga hadir ke atas panggung untuk memeriahkan acara. Setelah itu, para anggota Paskibraka tampil membawakan bendera merah putih. Di panggung sudah berjejer 100 polisi cilik menampilkan kemampuan baris berbaris, tampak begitu kompak dan menggemaskan.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih. Sebagai wujud simpati kepada korban bencana gempa dan tsunami Sulawesi Tengah, para atlet dan seluruh hadirin yang hadir mengheningkan cipta. Usai mengheningkan cipta selesai, Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan pidato dan menutup secara resmi perhelatan Asian Para Games 2018.

Berempat.com