Foto: Kompas
Berempat.com

Ajang kompetisi lari jarak jauh alias marathon kembali digelar. Borobudur Marathon 2018 dihelat di Magelang, Jawa Tengah, Minggu (18/11) dijuarai Pelari asal Kenya, Geoffrey Birgen.

Hanya perlu waktu 2 jam 20 menit 8 detik bagi Geoffrey Birgen untuk menjadi pelari pertama yang memasuki finis di kategori marathon.

Sementara, Hamdan Sayuti menjadi pelari nasional pertama yang memasuki garis finis pada kategori marathon setelah sejumlah pelari dari Kenya.

Panitia Borobudur Maraton 2018, Budiman Tanuredjo puas dengan ajang ini. Dia juga menerima banya keluhan dari para pelari, baik dari luar maupun dalam negeri.

“Mewakili sponsor, saya ucapkan terima kasih kepada Pengprov Jateng, hingga komunitas lari. Sejauh yang kami tangkap, yang dikeluhkan peserta adalah cuaca, hampir 36 derajat, itu menguras tenaga. Awalnya kita prediksi pada pagi hari akan turun hujan,” katanya.

Budiman mengklaim kesuksesan Borobudur Marathon 2018. Dia pun berjanji bakal memberikan kejutan di ajang yang sama pada tahun depan.

“Untuk tahun depan, kuota pelari mungkin ditambah. Kemudian kualitas dari race sendiri. Tahun lalu, ajang ini diikuti hampir 18 ribu, tapi itu malah (bermasalah) di mobilitas, mempengaruhi kenyamanan race,” ujar Budiman.

Berikut daftar Lengkap pemenang Borobudur Marathon 2018 pada tiap-tiap kategori:

Full Marathon
Putra:
Geoffrey Birgen
Boaz Kipkorir Kipyego
David Kipruto Ngetich
John Muiruri Mburu
Dominic Kipkemboi
Putri:
Edinah Jeruto Koech
Bundorich Pamela C
Everlyne JR
Yulianingsih
Olivia Sadi
Half Marathon:
Putra:Joshua Nakeri
Charles Munyua Njoki
Kennedy Lilan
Putri:
Esther Wambui Karimi
Peninah Kigen
Cheptoeck Careen

10K:
Putra:
Abera Tariku Demelash
Daniel Kiarie Gachui
Joseph Mwangi Ngare
Putri:
Alice Muthoni Koigi
Gladys Ruto
Pretty Sihite

Berempat.com