Ilustrasi Kolaborasi bisnis.(petersimoons)
Berempat.com

Dalam membangun bisnis, tentu saja akan muncul masalah-masalah dalam proses mengembangkan yang sedang kita jalani. Sebenanrnya masalah muncul untuk melatih mental bisnis kita dan meningkatkan kemampuan kita untuk mengelolah bisnis.

Namun kadang banyak masalah dalam bisnis yang kita tidak sadari. Sehingga seperti sebuah penyakit yang tidak diobati, maka lama-kelamaan akan semakin parah begitu juga dengan masalah yang ada dalam bisnis kita jika tidak diatasi.

Untuk itulah kami dari entrepreneurID merangkum 3 masalah yang sering muncul pada pebisnis pemula dan akan memberi saran untuk mengatasinya. Yuk kita mulai dengan masalah pebisnis pemula.

Pertama, Penjualan
Masalah pertama yang sering muncul adalah masalah penjualan. Banyak bisnis yang mempunyai produk yang bagus namun gagal untuk menjualnya. Masalah ini disebabkan karena beberapa hal seperti salahnya target pasar sampai dengan penyampaian produk yang kurang jelas.

Solusi dari salahnya target pasar adalah dengan mengenal kembali target pasar dari produk kita dengan menentukan target pasar yang tepat untuk produk kita. Jangan sampai target produk kita terlalu melebar sehingga tidak focus karena menyentuh ke semua orang yang belum tentu menjadi target pasar kita.

Buatlah demografi dari target pasar bisnis kita. Demografi adalah kumpulan data-data perilaku calon konsumen dari produk yang kita jual seperti berapa usia target pasar kita sampai dengan sosial media yang sering digunakan oleh mereka.

Lalu masalah penyampaian produk yang kurang jelas dapat teratasi dengan membuat sebuah katalog yang berisi informasi lengkap mulai dari kelebihan-kelebihan produk sampai dengan harga dan cara membeli produk tersebut.

Kedua, Manajemen Keuangan
Uang merupakan salah satu hal penting untuk bisnis kita, untuk itulah mengatur keuangan akan sangat membantu mengelolah bisnis dengan baik.

Ketika pengaturan keuangan tidak berjalan dengan baik, kita akan mengalami kesusahan mengenai pendapat maupun pengeluaran yang kita dapatkan dalam bisnis kita. Akhirnya banyak uang yang tidak terdistribusi dengan optimal dan akan terjadi pemborosan di keuangan bisnis kita.

Solusi dari masalah ini adalah dengan menunjuk bendahara keuangan bisnis kita. Dengan memiliki bendahara maka uang yang kita miliki dalam bisnis akan termanajemen dengan baik.

Ketiga, Prioritas Waktu
Masalah yang sering muncul selanjutnya adalah prioritas waktu. Banyak pebisnis pemula yang bermasalah dalam membagi waktu. Kesibukan yang padat membuatnya sulit mengatur waktu dengan baik. Akibatnya banyak pekerjaan yang hasilnya kurang maksimal dan berantakan.

Solusi dari masalah ini adalah dengan membuat sebuah jadwal. Buatlah jadwal yang isinya adalah list pekerjaan dalam bisnis agar susunan pekerjaan yang dilakukan akan maksimal

Oke itulah 3 masalah yang sering muncul pada pebisnis pemula beserta cara untuk mengatasinya.

Selama kita berbisnis pasti akan selalu muncul masalah-masalah yang harus kita hadapi, ketika masalah itu muncul janganlah lari ataupun mengeluh. Karena ketika kita lari maupun mengeluh, masalah tersebut tidak akan selesai malah bisa bertambah besar.

Bersabar dan selalu ambil pelajaran dari setiap masalah yang dihadapi. Terus semangat dalam setiap proses dan seringlah melakukan evaluasi atau muhasabah untuk menjadikan diri kita lebih baik untuk kedepannya.

Oleh : Tim entrepreneurID

Berempat.com