Keluarga TKW asal Ubud, Gianyar Bali, Ni Wayan Sriani (36) hanya bisa pasrah berharap jenazahnya bisa dipulangkan ke Bali dari tempat kerjanya di Nigeria.

TKW Ni Wayan Sriani dikabarkan meninggal setelah menderita stroke cukup lama selama bekerja di luar negeri (Nigeria). Bahkan, akibat sakit yang dideritanya, ia harus terlantar selama tiga tahun di negeri orang.

Berita duka ini diterima langsung suami korban I Gusti Nyoman Putra. Gusti mengaku, saat ini kesulitan mendapat keterangan perihal penyebab kematian korban termasuk proses pemulangan jenazah istrinya tersebut.

Gusti mengatakan telah diminta biaya pemulangan jenazah hingga Rp 120 juta lebih.

“Istri saya bekerja di sana sekitar tiga tahun,” ucap Gusti, Selasa (12/9) di kediamannya di Lingkungan Bentuyung, Ubud, Gianyar, Bali.

Dia menyatakan, kabar terkahir jenazah istrinya dibawa menuju KBRI setempat dan selanjutnya akan dikubur.

“Tadi kami dapat berita, kalau jenazah istri saya sedang dalam perjalanan ke KBRI di Nigeria dan pihak KBRI yang akan menguburnya di sana,” jelasnya.

Diketahui, pemulangan jenazah sulit lantaran korban termasuk TKW ilegal, pihak KBRI setempat menyebutkan bahwa proses pemulangan jenazah dikenakan biaya sebesar Rp 120 juta lebih.

Dia mengaku pasrah, keluarga hanya bisa berdoa agar proses pengurusan jenazah almarhum diberi kelancaran. Gusti sangat menyesalkan nasib istrinya yang terlanjur percaya dengan ajakan teman-temannya melalui sebuah agen di Denpasar yang kini sudah tutup.

“Empat tahun lalu istri saya berangkat ke Nigeria dan bekerja di perusahaan Spa. Setahun bekerja sempat pulang. Selanjutnya berangkat lagi dan kini sudah tiga tahun lebih tidak bisa pulang karena tidak pegang uang,” ungkap Gusti.

Dia menceritakan, bahwa korban tidak bisa pulang lantaran perusahaan tempat bekerja istrinya itu tidak membayarnya. “Istri saya tidak bisa pulang lantaran tidak ada biaya,” lanjut Gusti.

Gusti beserta keluarga hingga saat ini mengaku kabar kematian korban masih simpang siur lantaran belum ada bukti yang kuat bahwa istrinya meninggal dikarenakan apa penyebabnya.

“Ada yang mengatakan istri saya terjatuh dan ada pula informasi jika dia menderita stroke. Kami minta kejelasan penyebab kematian istri saya,” pungkasnya.