Foto : Facebook Amir Zidane
Berempat.com

Bau durian menyeruak ke dalam kabin pesawat Sri Wijaya Air nomor penerbangan SJ 091 rute Bengkulu – Jakarta. Penumpang yang merasa tidak nyaman segera protes pada pramugari dan kru untuk menurunkan durian dari bagasi pesawat. Insiden ini menjadi viral, video dalam kabin dan penurunan karung-karung berisi durian dari bagasi pesawat.

Video yang diunggah di laman facebook Amir Zidane ini menyebar melalu group WhatsApp dan media sosial. Tak heran masyarakat pun geram akan tindakan ceroboh yang bisa membahayakan penumpang dan awak pesawat.

Maskapai Sriwijaya Air membantah kalau pesawatnya mengangkut 3 ton durian pada Senin, 5 November 2018. Senior Manager Corporate Communication Sriwijaya Air, Retri Maya, mengakui kalau pesawat itu memang mengangkut durian. Namun jumlahnya tidak sesuai yang disebutkan di media sosial.

Menurut Retri, jumlah 3 ton itu adalah seluruh bagasi dan cargo yang diangkut pesawat tersebut. Selain itu, dia memastikan durian yang diangkut sudah sesuai dengan prosedur.

“Berita bahwa kami mengangkut 3 ton durian itu tidak benar. Tapi itu sudah termasuk semua bagasi dan cargo,” katanya seperti dilansir VIVA, Selasa (6/11).

Menurut Retri, secara cepat Sriwijaya langsung merespons keinginan penumpang. Selain itu, pengangkutan durian di bagasi dan cargo dihentikan.

Sementara itu, Presiden Director Sriwijaya Air Group, Chandra Lie menyampaikan kalau pihaknya tidak akan pernah menerbangkan pesawat apabila pesawat itu tidak layak dan membahayakan penumpang dan crew.

Berikut tulisan lengkap Amir Zidane, penumpang yang turut dalam penerbangan di media sosial facebook miliknya.

Assalamualaikum wr.wb.

Pada akhirnya harus saya menceritakan kejadian pagi tadi di bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu. Setelah selesai Band saya Steven & Coconuttreez perform kemaren malam di acara soundsation di pantai panjang Bengkulu.

Paginya Saya bersama temen-teman back to Jakarta menumpang pesawat Sriwijaya SJ 091. Rencana take off 10:50. Setelah menunggu beberapa saat di ruang tunggu, tibalah penumpang di panggil menaiki pesawat. Rombongan kita naik terakhir di antara penumpang lain.

Saat memasuki pesawat, aroma DUREN sudah terasa. Makin lama makin menyengat + panas (AC off) gmn rasanya???. Sy panggil pramugari, sy complain. Udah bau duren plus panas. Si pramugari menyodorkan kertas, dia bilang “Pak..kalo complain,isi aja ya di kertas itu” hah????

Si pramugari sy liat coba berbicara sama petugas. Lama kelamaan sy jengkel jg, kok di anggap sepi ini complain. Akhirnya sy bangun dari kursi dan samperin pramugari itu lg. Akhirnya sy berhadapan dng si petugas, si petugasnya ngomong gini :

“Pak..peswat sudah mau takeoff kok. Ntar kalo sudah di atas bau durennya pasti hilang. Di situlah asal muasal kemarahan sy. Kemudian si petugas tadi masuk ke kockpit dan bicara dng Kapt Pilot. Trus keluar dan bicara. Petugas : “kita tetap terbang ya Pak..nanti baunya hilang kok.

sy : Mas…ini bau durennya parah bgt, 1 jam lho kita nyium bau beginian nanti di atas. Trus km tau gak kecelakaan peswat mandala yg gagal take off di medan???”

Akhirnya sy berteriak ke arah penumpang lain.
“Apakah yg ada di pesawat ini mau terbang???
Jawab penumpang “tidaaakkkk!!

Sy : nah..liat ya mas, gak ada yg mau terbang, berarti bukan hanya sy, tetapi seluruh penumpang di pesawat ini!!!””
Petugas : “aman kok mas…
Sy : “mas ini pasti durennya banyak,soalnya baunya parah
Petugas : ada sekitar 3 ton mas…
Sy : hah?? 3 ton??

Akhirnya sy dan team maksa turun dari pswt,dan di ikuti oleh penumpang lain. Sampai di bawah sy sedikit bersitegang dng petugas. Bahkan teman2 hampir bentrok fisik dng mereka. Sy tetep ngotot utk gak mau terbang kecuali duren duren yg 3 ton itu di turunkan. Ngototnya sy di dukung oleh seluruh penumpang. Bahkan ada ibu2 yg sudah tua sangat tersiksa dng bau duren tsb. Mereka semua baru bersuara (tau donk kalo emak2 ngomel).

Setelah perdebatan panjang akhirnya si petugas itu bilang “ok..duren kita turunkan…Bpk2 dan Ibu2 silahkan menunggu di ruang tunggu””

Sy gak mau percaya begitu saja omongan si petugas,
“mas..penumpang akan sy bawa ke ruang tunggu, tetapi harus ada dari pihak kita yg akan memastikan bahwa duren2 itu benar benar turun..” gmn???
Petugas : OK

Akhirnya kita menuju ke ruang tunggu, dari jarak kira2 50 meter kita melihat duren2 itu di turunkan. Video ini di ambil dari M Rival Himran.

Singkat cerita akhirnya kita terbang jam 12:05 dan landing dengan selamat jam 13:00
Saat sy keluar dari terminal, sy kembali bertemu dng pramugari yg di pesawat tadi.
kita ngobrol

Pramugari : ” Pak…mohon maaf kejadian tadi ya…kita ga bisa berbuat apa2. Asal Bpk tau…Kapt pilot sudah memberi warning akan ada masalah dng duren2 itu, jumlahnya sangat banyak, dan packagingnya jelek”

Nah….ternyata kapt pilotnya juga ga setuju utk bawa itu duren 3 ton!!
trus siapa itu berani beraninya nyuruh terbang?????
Siapa ni orang????
Sriwijaya Air
Akhir kata, JNG HERAN KALO PESWAT KITA KECELAKAAN TERUSSS!!!!

Berempat.com