Kerusuhan Papua (dok brilio.net)
Berempat.com

 

Rusuh di Papua yang memporakporandakan berbagai daerah di bagian paling timur Indonesia itu, coba diredam Presiden Joko WIdodo dengan memanggil generasi muda Papua untuk menjaga dan merawat serta memulihkan kembali semangat membangun daerahnya. Senada dengan Presiden, Ketua DPR Bambang Soesatyo mendorong generasi muda Papua untuk segera merawat hal tersebut.

Bamsoet sapaan akrabnya mendorong generasi muda Papua menyudahi kemarahan, serta memulai kegiatan yang produktif dan positif. Pulihkan dinamika ruang publik sebagai tempat perjumpaan warga. Kegiatan pada semua fasilitas publik seperti bangunan kantor pemerintah hendaknya dimulai lagi agar fungsi-fungsi pelayanan kepada masyarakat bisa berjalan sebagaimana mestinya.

“Bisa dipahami jika orang muda Papua marah karena perlakuan tidak etis sekelompok orang terhadap mahasiswa asal Papua di Malang, Surabaya dan semarang. Namun, kemarahan itu hendaknya tidak berlarut-larut. Kemarahan itu hendaknya diekspresikan melalui pernyataan keberatan atau laporan kepada pihak berwajib. Hindari tindakan atau aksi anarkis yang pada gilirannya hanya akan merugikan warga setempat dan semua warga Papua.

“Sebagai bagian tak terpisah dari NKRI, komitmen negara-bangsa membangun Papua tak akan pernah berkesudahan. Tak hanya membangun infrastruktur melainkan juga membangun dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) bagi generasi milenial di Papua.  Sudah terbukti bahwa sejak 2014, Presiden Jokowi telah mengakselerasi pembangunan di Papua,” tambahnya.

 

 

Berempat.com