Para peretas kembali jual ratusan akun Instagram artis di dark web. Padahal, belum ada satu pekan setelah nomor ponsel salah satu artis Hollywood, Selena Gomez di sebar oleh para peretas.

Kali ini, para peretas dikabarkan memiliki sekitar 500 lebih akun selebritas dunia. Beberapa artis seperti Emma Watson, Leonardo DiCaprio, Taylor Swift, Neymar, dan belasan artis lainnya dilaporkan terkena peretasan. Untung saja, mereka cepat tanggap dan mengamankan akun mereka masing-masing.

Pihak Instagram pun membenarkan adanya kasus peretasan tersebut. Bukan hanya artis, namun akun lain pun ikut terkena imbasnya.

“Setelah analisis tambahan, kami telah menetapkan bahwa masalah ini berpotensi memengaruhi beberapa akun yang tidak terverifikasi juga,” ujar co-founder dan CTO Instagram Mike Krieger, seperti dikutip dari laman The Verge.

Para peretas dikabarkan memberikan tarif kepada para pengguna dark web sebesar USD 10 atau sekitar Rp 130 ribu per pencarian. Mereka bebas mengambil data yang ada di dalam database tersebut.

Di duga, para peretas memanfaatkan lubang keamanan yang ada di Instagram untuk melakukan serangan ini. Oleh karena itu, Mike mengatakan tim Instagram sedang menangani masalah tersebut.

“Kami meminta maaf yang sebesar-besarnya dan segera menyelesaikan masalah ini,” pungkas Mike.